Bukan hanya jadwal makan, ibu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh Sikecil. Dengan begitu, asupan nutrisi dan gizi dapat dipenuhi sehingga proses tumbuh kembang dapat berjalan dengan optimal. Ibu, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai pentingnya jadwal makan agar balita makan dengan teratur

Jadwal Makan Penting Bagi Sikecil

Sama seperti orang dewasa, Sikecil pun membutuhkan jadwal makan yang teratur untuk mengenali waktu makan yang tepat. Tidak hanya mengenali waktu makan, jadwal makan juga dinilai cukup penting untuk mengajarkan balita mengenai rasa lapar dan kenyang.

Nyatanya, kondisi lapar yang dirasakan oleh anak juga berkaitan langsung dengan proses pengosongan lambung. Saat lambung telah memproses makanan dan kosong, kondisi ini menandakan anak dalam keadaan lapar. Dengan begitu, ibu akan lebih mudah memberikan makanan pada Sikecil.

Berikut ini adalah Saran jadwal makan bagi Sikecil:

  • Pukul 08.00: Sarapan pagi/ Makan utama 1
  • Pukul 10.00: Makanan Selingan 1
  • Pukul 12.00: Makan siang/ Makan utama 2
  • Pukul 14.00: Susu UHT/ Formula/ ASI
  • Pukul 16.00: Makanan Selingan 2
  • Pukul 18.00: Makan Malam/ Makan utama 3

Namun, jadwal makan ini tidak bisa disamakan pada tiap balita. Ibu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan balita. Misalnya, saat balita memiliki kebiasaan tidur pukul 19.00, sebaiknya berikan makan malam 2 jam sebelum tidur.

Membuat Jadwal Makan Menyenangkan

Memang bukanlah hal mudah dalam memberikan makan untuk balita. Terkadang, balita juga kerap menolak makan sehingga jadwal makan bisa berakhir berantakan. Namun, jangan putus asa dulu, ibu bisa lakukan beberapa tips ini agar jadwal makan berjalan dengan menyenangkan.

Hindari Gangguan

Hindari berbagai gangguan yang kerap datang saat jadwal makan. Mulai dari televisi, gadget, hingga mainan anak. Bahkan, ibu juga perlu fokus saat sedang menemani anak makan. Hindari bermain gadget atau melakukan aktivitas lain saat menemani anak makan.

Berikan Alat Makan yang Aman

Saat anak menginjak usia 1 tahun ke atas, tidak ada salahnya ajarkan mereka menggunakan sendok atau gelas. Namun, pastikan ibu memberikan alat makan yang aman untuk Sikecil.

Duduklah Bersama dengan Anak di Meja Makan

Sebaiknya ajarkan anak sejak dini untuk makan di meja makan. Duduklah bersama anak. Pastikan keamanan dan kenyamanan kursi anak.

Berikan Anak Waktu untuk Mengonsumsi Makanannya

Saat anak makan, temani dan biarkan anak mengonsumsi makanannya secara mandiri. Berikan anak beberapa makanan sehat agar anak bisa memilih makanan yang akan mereka konsumsi.

Biarkan memutuskan seberapa banyak makanan yang akan mereka konsumsi. Hal yang perlu diperhatikan, anak tidak harus menghabiskan makanan yang disajikan, tetapi ibu harus paham tanda yang diberikan anak saat lapar atau kenyang.

WeCreativez WhatsApp Support
CS kami siap membantu anda..