Pengertian Brand Image
Brand image adalah sebuah pandangan pelanggan saat ini terhadap suatu brand. Ini dapat didefinisikan sebagai kumpulan asosiasi unik di dalam benak pelanggan sasaran. Ini menandakan seperti apa suatu brand saat ini berdiri dan dikenal oleh konsumen maupun non konsumen.
Ini adalah seperangkat keyakinan yang dipegang tentang merek tertentu. Singkatnya, tidak lain adalah persepsi konsumen tentang produk. Ini adalah cara di mana merek tertentu diposisikan di pasar. Brand image tidak hanya berbicara tentang bentuk fisik dan mental suatu brand, namun juga menyampaikan nilai dan sisi emosionalnya.
Fungsi Brand Image
Nah selain membahas mengenai pengertian, kamu perlu mengetahui fungsi dari Brand Image. Simak yukk.
1. Membuat Bisnis Kamu Berkesan dimata Konsumen
Banyak konsumen yang meluangkan waktu mereka untuk meneliti dan membandingkan brand satu dengan brand yang lainnya. Tak sedikit pula yang menjatuhkan pilihannya terhadap brand apapun yang mereka kenali dan membuat mereka terkesan.
Ketika bisnismu memiliki brand image yang kuat dan berkesan, maka konsumen akan dapat dengan mudah mengenali kamu dan mengaitkan bisnismu dengan produk dan layanan yang kamu miliki.
2. Membangun Kepercayaan untuk Mendapatkan Kredibilitas
Membangun brand image yang kuat memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun ketika bisnismu mendapatkan ini, kepercayaan dan kredibilitas terhadap bisnismu akan meningkat dengan pasti. Oleh karena itu, konsistensi adalah kunci dari suksesnya brand identity Anda.
Sebagai contoh website web yang dirancang dengan cerdas dapat membuat perusahaanmu tampak lebih kuat dan lebih besar dari pesaing. Pelanggan tentu akan cenderung menempatkan kepercayaan yang lebih besar pada perusahaan yang lebih terlihat mapan di internet.
3. Memperkuat Misi Bisnismu
Brand image memperkuat misi Bisnismu. Ketika kamu yakin dengan brandmu sendiri, yang merupakan kepribadian dan identitas bisnismu, maka kamu dapat berdiri teguh dalam misi bisnismu. Jadilah bisnis dengan tujuan, dan beritahu orang lain tentang tujuanmu juga!
4. Menciptakan Loyalitas Konsumen dan Mempertahankannya
Ketika kamu percaya pada bisnismu sendiri dan memberitahu orang-orang melalui brand image, tanpa disadari orang lain juga akan ikut serta. Salah satu dari banyak keuntungan brand image adalah jika kamu memiliki brand yang disukai pelangganmu, mereka pasti ingin berbagi bisnismu dengan orang lain secara sukarela.
Brand yang kuat pada dasarnya akan membuat ‘duta besarnya’ sendiri. Jika pelangganmu percaya pada misi bisnismu dan menyukai brand bisnismu, mereka ingin orang lain juga mengalaminya. Dengan cara ini, kamu akan mempertahankan pelanggan setia yang sudah kamu miliki dan mendapatkan lebih banyak lagi.
5. Merepresentasikan Bisnismu
Tidak bisa dipungkiri bawah brand image mewakili bisnismu secara keseluruhan. Brand bisnismu menceritakan sebuah kisah melalui situs website, produk, kartu nama, infografis, di toko Anda, dan selama interaksi dengan klien dan pelanggan.
Membangun brand image adalah proyek yang melibatkan penelitian tentang audiens kamu dan waktu untuk mengembangkan identitas bisnis mu. Ini seperti halnya dengan manusia. Ketika kita bertemu seseorang, kita menilai kepribadiannya dan membentuk persepsi tentang dia dalam pikiran kita berdasarkan interaksi kita. Demikian pula, kita juga membentuk persepsi ketika kita mendengar tentang orang itu dari beberapa teman kita.